Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

DEWI GANDARI, KISAH AMBISI TERHADAP ANAK DAN NESTAPA SEORANG IBU

Memiliki suami buta bernama Destarastra yang memerintah sementara Kerajaan Astina lantaran adik Destarastra, Pandu Dewanata, wafat membuat Dewi Gandari yang sebenarnya tak mencintai Destarastra berambisi langgengkan kekuasaan itu untuk anak-anaknya kelak. Lalu Gandari memohon pada dewata dikarunia 100 anak.Tentu ambisinya itu menegasi hak anak-anak Pandu yang masih kecil-- berjumlah lima dan disebut Pandawa-- atas kekuasaan Astina jika mereka dewasa.

Permohonan Gandari ternyata dikabulkan dewata. Diiringi lolongan serigala, segala hewan dan sambaran halilintar, dari perut Gandari yang hamil tua keluarlah sebongkah daging. Karena bukan bongkahan daging yang diminta melainkan bayi, ditendangnya daging itu penuh murka hingga hancur jadi seratus serpihan.

Singkatnya, atas petunjuk dewa, ditutupinya serpihan daging-daging itu dengan daun, yang lalu dari tiap-tiap serpihan itu berubah jadi bayi. Jumlahnya 100, dan merekalah Kurawa dengan wajah-wajah aneh menyeramkan. Meski begitu Gandari tentu amat sayang anak-anaknya

Lalu kita pun tahu, arah takdir antara  dua saudara, Pandawa dan Kurawa, harus bertempur di perang kolosal terganas Bharatayudha yang konon berlangsung dua minggu itu, dengan kemenangan di pihak  Pandawa.

Sepanjang Bharatayuda, Gandari dihadapi kenyataan anak-anaknya tewas satu-persatu dengan kondisi tubuh hancur mengenaskan dilibas senjata tempur Pandawa.Rasanya cuma Gandari yang ditinggal mati 100 anak dalam waktu sesingkat itu. Ditinggal mati satu anak saja banyak ibu terpukul, apalagi Gandari yang harus hadiri penyempurnaan mayat anak-anaknya dengan segenap cinta yang tak memudar sekaligus kenestapaan tak terperi, yang sebelumnya dilapisi ambisi besar kekuasaan bagi keturunannya.

Seperti apa  ambisi dan cinta kita terhadap anak-anak kita, wahai keluarga muda? ¤

Salam Anak Nusantara

[nanang djamaludin]
|JARANAN (Jaringan Anak Nusantara) - Komunitas Bintang Kecil|Pin BB:2A471135|
0 Komentar untuk " DEWI GANDARI, KISAH AMBISI TERHADAP ANAK DAN NESTAPA SEORANG IBU "
Back To Top