Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

Konsep pendidikan berbasis kebudayaan

Konsep Pendidikan Berbasis Kebudayaan
Oleh. Eko Eddya Supriyanto, S.IP, M.Si

Bak punguk merindukan bulan, begitu perumpamaan yang agaknya terbesit dalam benak saya ketika melihat carut marut generasi negeri ini, tingkah polah para pemuda-pemudi sangat memprihatinkan, terlebih setelah isu video porno artis terkuak secara gambling, para generasi bangsa pun ikut mendapatkan imbas dari video mesum yang diperankan oleh artis tersebut. belum lagi kasus kejahatan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh predator peudofil.
Berbagai konsep diterapkan untuk menciptakan generasi bangsa ini, namun sering kali terdengar kata gagal, meskipun sebenarnya tak begitu parah berita-berita tentang Generasi di negeri ini mengingat banyak prestasi yang diraih oleh putra-putri bangsa ini selain olimpiade ilmiah, dari cabang olah raga, ataupun bentuk prestasi-prestasi lain yang diraih pemuda-pemudi bangsa ini. 
Lalu konsep pendidikan yang seperti apa yang perlu di terapkan untuk para generasi muda kita. bila di cermati lebih jauh, konsep pendidikan berbasiskan budaya lokal perlu di kaji lebih dalam dan di terapkan dalam ranah pendidikan dasar. pendidikan tentang etika, sopan santun, hormat menghormati baik kepada yang lebih tua maupun yang lebih muda sehingga sifat kekerasan para pemuda-pemudi kita harapannya bisa di kurangi.
konsep pendidikan berbasis budaya (Lokal Wisdom) ini saya kira akan lebih mudah diterapkan, mengingat konsep ini sudah lama di jalankan para leluhur bangsa ini. tinggal bagaimana kemauan dari para pendidik yang mungkin harus melakukan sinergi dengan para orang tua/wali dari peserta didik. agar lebih mudah lagi tentu pendidik harus melakukan komunikasi secara intensif dengan para peserta didik.

* Sedang Belajar menulis mohon maklum tulisannya belum terlalu mengikuti pakem, penulis mempunyai harapan agar generasi muda Indonesia tangguh dan dapat menjadi tulang punggung bangsa ini.
0 Komentar untuk " Konsep pendidikan berbasis kebudayaan "
Back To Top