Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI PADA ANAK


Beberapa kali, tanpa sengaja, saya mendengar ejekan serombongan anak usia SD terhadap temannya berlatar agama berbeda. Ejekan mulut-mulut mungil itu membuat siapapun yang peduli terjaganya kebhinnekaan dalam persatuan negeri ini prihatin .

Ketika anak-anak sekecil itu mampu berbuat begitu pada teman sebayanya, itu mengkonfirmasi bekerjanya "program pikiran" antitoleransi yang masuk ke pikiran bawah sadar anak.

Sehingga teramat penting dan menjadi tugas sejarah tiap orangtua, para guru dan elemen masyarakat yang bijak, yang meyakini Pancasila sebagai "meja statis" dan "leitstar dinamis" bangsa, untuk senantiasa menanamkan sikap toleransi dan menghargai kebhinnekaan pada diri anak.

Hal itu mengingat kebhinnekaan dalam masyarakat merupakan Takdir Illahi. Mustahil ada masyarakat tunggal secara mutlak tanpa kehadiran elemen-elemen pembeda dalam dirinya. Jika pun ditemui masyarakat yang bersatu, tidak tercerai-berai, justru kesatuan yang tampak itu senantiasa berlangsung dalam kebhinnekaan (Bhinneka Tunggal Ika, E Pluribus Unum, Unity in Diversity)

Lantaran kebhinnekaan itu Disain Illahi, tak bisa diganggu-gugat manusia sebagai makhlukNya, maka sikap yang benar bagi tiap orang atas takdir itu adalah:

Pertama, menerima dan menghormati kebhinnekaan pemberian Tuhan sebagai mana adanya, termasuk SARA.

Kedua, mengakui kesetaraan manusia meski ditakdirkan berbeda-beda. Dalam kesetaraan itulah terbuka jalan mendayagunakan kelebihan yang dimiliki tiap orang guna terus mendorong munculnya kebaikan dan kebermanfaatan yang menjangkau ke luar dirinya. Bahasa agamanya berlomba-lomba dalam kebajikan.

Ketiga. jika pada yang pertama dan kedua dilakukan, maka itulah toleransi. Tentu kita harus berangkat lebih jauh lagi melampaui itu. Yakni bergotong royong diantara sesama anak bangsa membangun "Republik Surga di Bumi".¤

Salam Anak Nusantara
[nanang djamaludin]
|JARANAN (Jaringan Anak Nusantara) -Komunitas Bintang Kecil| Pin BB: 2A471135
0 Komentar untuk " MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI PADA ANAK "
Back To Top