Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

Bahasa Indonesia termasuk bahasa paling bahagia di dunia



Bahasa Indonesia yang sering dicibir oleh para pemakainya karena dianggap kalah keren dibanding bahasa Inggris atau bahasa lain, ternyata masuk dalam jajaran bahasa paling bahagia di dunia.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Jumat (13/2), hasil penelitian dari Universitas Vermont, Amerika Serikat, yang menghimpun miliaran basis data dari sepuluh bahasa paling populer di dunia menunjukkan bukti itu.

Penelitian itu menggunakan sumber dari Internet seperti Google Books, media sosial Twitter, alih bahasa di film, acara televisi, lirik lagu, koran the New York Times dalam bahasa Spanyol, China, Inggris, Prancis, Portugis, Arab, Indonesia, Korea, Rusia, dan Jerman.

Hasilnya menyatakan bahasa Indonesia menjadi bahasa nomor empat paling bahagia di muka bumi, setelah bahasa Spanyol, Portugis, Inggris. 

Dari sumber-sumber tadi, para ahli mengumpulkan 10 ribu kata yang paling banyak dipakai di setiap bahasa dan mengkategorikannya sebagai positif atau negatif.

Misalnya, kata 'bohong' dan 'menangis' dinilai sebagai kata negatif. Sedangkan kata 'cinta' dan 'tawa' sebagai kata positif.

"Kata-kata dalam bahasa manusia mengandung bias positif. Kandungan emosi dari kata itu sama konsistennya di tiap bahasa," kata laporan dair penelitian itu.

Para peneliti itu menguji banyak kata dari berbagai bahasa. Mereka misalnya menguji analisa mereka ke sejumlah buku sastra klasik dari karya sastrawan terkenal seperti Moby Dick karya Herman Melville, Crime and Punishment (Fyodor Dostoyevsky) The Count of Monte Cristo (Alexander Dumas).

Berikut 10 besar bahasa paling bahagia di dunia

1. Spanyol
2. Portugis
3. Inggris
4. Indonesia
5. Prancis
6. Jerman
7. Arab
8. Rusia
9. Korea
10. China

Sumber : Merdeka.com
0 Komentar untuk " Bahasa Indonesia termasuk bahasa paling bahagia di dunia "
Back To Top