Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

Dinamika Geopolitik Virtual Indonesia

Dinamika Geopolitik Virtual Indonesia

Ribut Lupiyanto  ;   Deputi Direktur C-PubliCA
(Center for Public Capacity Acceleration) -Yogyakarta
HALUAN, 07 April 2014
                                                                                                                       
                                                                                         
                                                             
Dinamika kon­tentasi elektoral tidak hanya hadir di dunia faktual melainkan juga jagad vir­tual.  Fenomena ini terjadi seiring dengan perkem­bangan dunia teknologi informasi dan komunikasi. Era komunikasi dan infor­masi telah menciutkan dunia menjadi seperti desa (global village). Ukuran geografis menjadi tidak bermakna dengan kehadiran media elektronik dan media virtual. Lalu lintas komu­nikasi menjadi tidak terbatas secara ruang dan waktu.

Kampanye pemilu lazim digencarkan melalui sera­ngan darat dan udara. Serangan darat adalah metode kampanye konven­sional tetapi diyakini optimal dengan komunikasi lang­sung. Serangan udara men­ja­di metode kontemporer dengan memanfaatkan ber­bagai media. Salah satu bentuk media yang paling mutakhir digunakan adalah media virtual, seperti website dan media sosial.

Warga di dunia maya (nitizenship) meledak keras beberapa tahun belakangan ini. Kementerian Kominfo RI mencatat pada tahun 2013 pengguna internet mencapai 71,19 juta orang, Facebook 65 juta orang, dan Twitter 19,5 juta orang di Indonesia. Regulasi kepe­miluan juga telah mele­galkan strategi kampanye media virtual. 

Peraturan KPU No 01 Tahun 2013 Pasal 20 mene­gaskan bahwa kampanye pemilu salah satunya dapat berbentuk layanan pesan singkat dan jejaring sosial melalui Facebook, Twitter, email, website dan lainnya. Jagad virtual dengan demi­kian menjadi medan poten­sial bagi kampanye berebut elektoral.

Peta Virtual

Geopolitik virtual meru­pakan istilah yang penulis tawarkan untuk meng­akomodasi terapan konsep geopolitik di media virtual. Selama ini geopolitik masih sebatas dikaji dalam konteks dunia nyata. Geopolitik merupakan bidang kajian kontemporer hasil perkem­bangan ilmu geografi politik.

Fokus kajian geopolitik salah satunya menyangkut dinamika pemilihan umum. Glassner (1993) menyatakan bahwa ada tiga fokus utama geopolitik pemilu. Pertama, the geography of voting, yaitu kajian yang menje­laskan pola dan sebaran suatu hasil pemilu. Kedua, pengaruh faktor geografi dalam perolehan suara. 

Beberapa hal yang masuk di dalamnya adalah isu saat pemilu, kandidat/calon, pengaruh kampanye, serta the neighborhood effect (efek ketetanggaan) atau hubu­ngan antara hasil pemilu dengan rumah sang kandi­dat. Ketiga, geografi perwa­kilan, yaitu mencermati bagaimana sistem represen­tasi atau sistem pemilu yang dipakai dalam sebuah wilayah.

Geopolitik virtual dapat dipetakan berbasis aktivitas maya yang bersinggunan dengan partai politik (parpol), calon legislator (caleg), atau politisi. Aktivitas maya tersebut dapat dilacak di media sosial, seperti Face­book dan Twitter serta website. Peta geopolitik virtual ditunjukkan melalui jumlah kunjungan website, tingkat keseringan menjadi bahan perbincangan, atau jumlah pertemanan.

Statistik politik dari hasil penelusuran bahan perbin­cangan dapat dipetakan berbasis wilayah geografis. Basis pemetaan geopolitik virtual misalnya terbagi menjadi empat region yaitu Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan dan Sulawesi, serta Pulau Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua, Bali, NTB dan NTT. Berikut adalah peta geopolitik perbin­cangan media sosial yang ditunjukkan oleh kajian Siddik (2014) berbasis data politicawave.com per tanggal 19 Maret 2014.

Pulau Sumatera me­nempatkan Partai Demok­rasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai parpol ter­banyak diperbincangkan netizen. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menempati posisi kedua di semua provinsi kecuali di Sumatera Barat. PKS unggul atas PDIP di Sumatera Barat. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mampu menjadi jawara di Aceh. Kemudian Partai Demokrat di sebagian provinsi maksimal menem­pati peringkat ketiga. Partai Golkar juga muncul di peringkat ketiga di Provinsi Sumatera Barat, sedang­kan Gerindra menempati tempat ketiga di Pro­vinsi Lampung.

Pulau Jawa dengan suara dan kursi terbanyak diambil lagi oleh PDIP. PKS tetap menguntit PDIP di semua provinsi. Peringkat ketiga dihuni oleh Partai Demokrat. Partai Golkar muncul sebagai peringkat ketiga di Provinsi Banten.

Pulau Kalimantan dan Sulawesi tetap dipegang PDIP dan PKS rapat me­ngi­kuti di bawahnya. PDIP unggul atas partai lain di semua provinsi. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyodok peringkat ketiga di Sulawesi Tengah. Di Sulawesi Barat dan Sula­wesi Utara, Golkar mampu menempatkan diri di posisi ketiga dan kedua. Partai Demokrat umumnya berco­kol di posisi ketiga, kecuali di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tenggara berteng­ger di peringkat kedua.

Region terakhir yaitu Pulau Maluku, Papua, Bali dan Nusa Tenggara juga menempatkan PDIP sebagai parpol terbanyak diper­bincangkan di media sosial. PKS mampu unggul atas PDIP di dua provinsi yaitu Maluku Utara dan Nusa Tenggara Barat. Hal yang mengejutkan, PKS sebagai partai berbasis massa Islam mampu menempatkan diri di posisi pertama dan kedua di semua provinsi dalam region ini.

Pemetaan secara umum juga pernah dilakukan Awesometric di berbagai media antara 27 Januari sampai 26 Februari 2014. Hasilnya PKS menjadi partai politik yang paling disebutkan (the most men­tioned). PKS dilaporkan lebih dari 213.000 kali pada arus utama dan media sosial selama periode terse­but. Posisi kedua adalah Partai Demokrat dengan 203.247 kali, disusul oleh Partai Golkar, Gerindra, dan PDIP.

PKS kembali menduduki peringkat teratas sebagai partai yang paling dise­butkan di media sosial, yaitu 206.600 penyebutan di Twitter dan 3.200 penye­butan di Facebook. Partai Demokrat menduduki posisi kedua dengan 175.600 penyebutan di Twitter dan 2.100 di Facebook. Semen­tara itu, Gerindra terbanyak penyebutan di Facebook dengan 4.200.

Korelasi Elektoral

Dinamika virtual baru booming pada Pemilu 2014 ini. Pemilu 2004 dan 2009 masih didominasi media konvensional untuk serangan udara kampanye. Belajar pada dua pemilu sebelumnya itu, politik pencitraan media terbukti ampuh menyihir publik. 

Faktanya Partai Demokrat dan SBY meraup dukungan signifikan. Hal yang penting dicermati media elektronik memiliki karakter  dan pengaruh yang berbeda dengan media virtual. Arti­nya, korelasi antara dina­mika virtual dan dukungan elektoral sifatnya masih relatif. Relatifitas tersebut  tergantung pada kemampuan parpol mengoptimalkan virtualitas politiknya agar berbuah suara nyata.

Media virtual memiliki keunggulan sekaligus keku­rangan dibandingkan media mainstream (konvensional).  Keunggulannya antara lain daya jangkau luas, komu­nikasi bisa dua arah, serta kontennya tanpa batas. Kelemahannya membu­tuhkan perangkat dan ke­mam­puan melek teknologi sehingga lebih elitis untuk kalangan berpen­didikan, ekonomi menengah ke atas, kaum muda, dan warga kota. Kelemahan ini kian terkikis seiring perkem­bangan za­man. Media virtual juga sudah mulai ekspansi ke perdesaan, kaum tua, hingga rakyat biasa. Kondisi ini menjadi peluang dan tan­tangan bagi parpol dan caleg.

Dinamika politik di jagad virtual umumnya terdiri dari tiga bentuk, yaitu pencitraan, serangan politik, dan mela­wan serangan. Politik se­bagai representasi persepsi publik cukup terbantu dengan media virtual. Impli­kasinya praktik demokrasi kental didominasi oleh  politik citra. Piliang (2005) menyebutkan fenomena politik seperti ini sebagai ontologi citra (being images). Pencitraan menjadi kenis­cayaan asalkan bersifat positif sebagai bagian pendi­dikan politik dan penyeim­bangan informasi publik. Data akurat menjadi poin kunci untuk menguatkan pencitraan.
Upaya defensif atau kontra politik terhadap serangan yang menjatuhkan citra mesti dikelola baik. Jika tanpa sanggahan dan klarifikasi, maka bisa dinilai sebagai kebenaran. Sebalik­nya sanggahan asal-asalan dan emosional bisa menim­bulkan antipati.
Serangan politik ke parpol lain sebaiknya dihin­dari. Selain sebagai etika politik juga meman­cing reaksi ekstrim lawan. Ibaratnya membangunkan macan tidur. Serangan-serangan yang serampangan justru bisa kontra produktif. Umumnya setiap parpol memiliki kartu truf parpol lain. Kondisi ini menye­babkan saling sandera, sehingga serang menyerang menjadi terminimalisasi. Serangan politik lazimnya menjadi bagian balas den­dam. Parpol dapat menye­rang secara terhormat dengan data akurat demi pendidika politik rakyat.
Peta geopolitik virtual bukan tidak mungkin berko­relasi positif terhadap peta geopolitik faktual. Fenomena ini menjadi tren positif menuju modernisasi demok­rasi di negeri ini. PDIP dan PKS memiliki potensi dan peluang memperjuang­kannya. Kita tungga parpol mana yang mampu meng­optimalkan virtualitas politiknya ke medan konten­tasi nyata. Wallahu a’lam bish-shawabi.
0 Komentar untuk " Dinamika Geopolitik Virtual Indonesia "
Back To Top