Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

CARA MENYUBURKAN NASIONALISME DI JIWA ANAK INDONESIA


Bagaimana cara menyuburkan jiwa nasionalisme dalam diri anak anda, wahai keluarga muda?

Belum ada secemerlang Sukarno menunjukkan cara menyuburkan nasionalisme, yang tertuang di pledoinya, "Indonesia Menggugat", tahun 1930:

"Dan caranya menyuburkan nasionalisme itu? Jalannya menghidupkannya? Jalannya ada tiga: Pertama: kami menunjukkan kepada rakyat, bahwa ia punya hari dulu, adalah hari dulu yang indah; kedua: kami menambah keinsyafan rakyat, bahwa ia punya hari sekarang, adalah hari sekarang yang gelap; ketiga: kami memperlihatkan kepada rakyat sinarnya hari kemudian yang berseri-seri dan terang cuaca, beserta cara-caranya mendatangkan hari kemudian yang penuh dengan janji-janji itu."

Lanjutnya, "Kami punya hari dulu yang indah, kami punya masa depan yang gemilang! Ah, Tuan-tuan hakim, siapakah orang Indonesia yang tak mengeluh hatinya, kalau mendengarkan cerita tentang keindahan itu, siapakah yang tak menyesalkan kehilangan kebesaran-kebesarannya! Siapakah orang Indonesia yang tidak hidup semangat nasionalnya, kalau mendengarkan riwayat tentang kebesaran kerajaan Melayu dan Sriwijaya, tentang kebesaran Mataram yang pertama, kebesaran zaman Sindok dan Erlangga dan Kediri dan Singasari dan Majapahit dan Pajajaran...Siapakah orang Indonesia yang tak mengeluh hatinya kalau ia ingat akan benderanya yang dulu ditemukan dan dihormati orang sampai di Madagaskar, di Persia di Tiongkok! Tetapi sebaliknya, siapakah yang tidak hidup harapannya dan kepercayaannya, bahwa rakyat yang demikian kebesarannya hari dulu itu, pasti cukup kekuatan untuk mendatangkan hari kemudian yang indah pula, pasti masih mempunyai kebisaan-kebisaan yang menarik lagi di atas tingkat kebesaran di kelak kemudian hari? Siapakah yang tidak seolah-olah mendapatkan nyawa baru dan tenaga baru, kalau ia membaca riwayat zaman itu!"
0 Komentar untuk " CARA MENYUBURKAN NASIONALISME DI JIWA ANAK INDONESIA "
Back To Top