Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

PERTIGAAN GILITUGEL (Sebelah Barat Kantor Bank BCA Tegal)

Foto di ambil dari barat jalan pertigaan

Pertigaan Gili Tugel, Kota Tegal. Konon ceritanya dulu, nama ini diambil dari Kisah Tragedi Duel Tanding antara Adipati Martoloyo (Kadipaten Tegal) dengan Adipati Martopuro (Kadipaten Jepara) di tempat tersebut, pada masa kekuasaan Kerajaan Mataram dibawah Pimpinan Raja Amangkurat II sktr tahun 1678. Raja Amangkurat II yang dekat dengan Kompeni Belanda pada masa itu mengeluarkan perintah kepada seluruh Adipati di wilayah kerajaan Mataram untuk menambahkan jumlah upeti yang mesti mereka serahkan kepada kerajaan, karena keuangan kerajaan sedang defisit akibat perang di batavia jaman Sultan Agung.

Adipati Martoloyo selaku Adipati Tegal menentang keras keputusan Raja Mataram tersebut karena Amangkurat II dianggap telah bersekutu dengan Belanda. Penolakan Maroloyo kepada Mataram membuat Amangkurat murka, diperintahkanlah Adipati Martopuro dari Jepara untuk menjemput Martoloyo karena kedua orang ini adalah kakak beradik seperguruan sehingga diharapkan Martopuro mampu melunakan hati Martoloyo. tapi apa yang terjadi kemudian, justru pertikaian besar terjadi, keduanya beradu tanding mempertahankan sikapnya.

Singkat cerita, keduanya sama-sama tewas bersimbah darah dengan kepala yang nyaris putus (Tugel dlm Bhs tegal), di perigaan jalan (Gili dlm Bhs tegal) tersebut, itu sebabnya nama Gili Tugel konon diambil dari kisah tersebut.
0 Komentar untuk " PERTIGAAN GILITUGEL (Sebelah Barat Kantor Bank BCA Tegal) "
Back To Top