Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

CARA MENANAMKAN JIWA PATRIOTIK PADA ANAK SEJAK DINI


Setiap orangtua di Indonesia memanggul tugas sejarah teramat penting. Yakni menanamkan nilai-nilai patriotik pada anaknya sejak dini. Agar tercipta "booming" generasi baru Indonesia nan gemilang dan patriotik di masa depan, yang akan mengangkat harkat, martabat, dan kejayaan bangsa di kancah global.

Garis besar nilai patriotik itu meliputi sikap cinta tanah air dan bangsa (nasionalisme), dan sikap rela berkorban demi kepentingan lebih luas ketimbang diri sendiri (heroisme). Ekspresi tindakan dan perilaku patriotik itu tentu amat beragam pada setiap jaman dan tempat.

Penanaman nilai-nilai patriotik pada anak tentu perlu bertahap. Disesuaikan dengan taraf berpikir anak. Caranya pun harus menyenangkan sekaligus membangkitkan inspirasi dan imaji positif anak. Serta mampu menggerakkan ke arah tindakan dan perilaku anak yang bernilai patriotik.

Berikut, diantaranya, langkah yang bisa dilakukan orangtua dalam membentuk "program pikiran' patriotik dalam diri anak sejak dini:

Pertama, menyediakan dan membacakan buku-buku tentang kisah-kisah terpuji, inspiratif, dan patriorik dari tokoh-tokoh besar nasional dan dunia.

Kedua, tindakan-tindakan terpuji dari tokoh besar yang diceritakan kepada anak itu harus juga mewujud dalam perilaku keseharian orangtua. Sehingga mempercepat anak mengimitasi perilaku terpuji itu. Seperti gemar menolong orang kesusahan, berani, cerdik, gandrung pada perubahan yang lebih baik, dan sebagainya.

Ketiga, mengajak anak berziarah ke makam para tokoh nasional, sambil mengisahkan perjuangan spesifik yang telah ditempuh tokoh itu.

Keempat, mengajak anak menapaktilasi tempat bersejarah sambil menceritakan makna penting tempat itu dan tokoh yang terkait tempat itu. Misalnya Museum Sumpah Pemuda, Tugu Proklamasi, Penjara Suka Miskin, Digoel, Rumah Rengas Dengklok dan sebagainya.¤

Salam Anak Nusantara
[nanang djamaludin]
|JARANAN (Jaringan Anak Nusantara)-Komunitas Bintang Kecil|Pin BB:2A471135
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
0 Komentar untuk " CARA MENANAMKAN JIWA PATRIOTIK PADA ANAK SEJAK DINI "
Back To Top