Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

TIRUS (Sejarah Asal Muasal Namanya)


Kalo kita menyebut nama TIRUS pada orang Tegal, sudah pasti pikirannya akan tertuju pada yang namanya Sate Kambing. Hal ini bisa dimaklumi, karena di Tirus inilah banyak berjamur Warung Makan yang menyediakan menu utama Sate kambing. kita sebut saja Warung Sate Sakya, Sari Mendo dan sebagainya. Dan boleh jadi Tirus merupakan Ikon Kota tegal sebagai Pusatnya Kuliner Sate.

Namun demikian, tidak semua orang tahu riwayat kenapa daerah yang terletak di perbatasan Debong Lor, Debong Kulon dan Randugunting itu bernama Tirus, persisnya Jl. Kapten Soedibyo bagian selatan yang bertemu dengan Jl KS. Tubun dengan dibatasi oleh jalur rel kereta jurusan Jakarta.

Menurut Riwayat, Tirus itu berasal dari nama seorang Pengusaha kaya asal Belanda bernama Van Tirus yang mendiami daerah tersebut antara tahun 1887 hingga tahun 1913. Dia mendapatkah Hak Guna Tanah di wilayah tersebut seluas 30 Hektar dari Pemerintah Kolonial Hindia Belanda untuk dikelola menjadi perkebunan. Jadi pada masa itu, jika menyebut tanah di daerah tersebut, maka orang akan selalu menyebut Van Tirus, dan lama kelamaan nama tersebut menjadi familiar di telinga orang-orang Tegal. adapun kalo tempat tersebut sekarang menjadi pusat kuliner sate, dan anda ingin tau jawabannya, maka anda harus makan sate di salah satu warung daerah Tirus lebih dahulu, heheheheh...


0 Komentar untuk " TIRUS (Sejarah Asal Muasal Namanya) "
Back To Top