Belajar Menapaki Kehidupan & Berevolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.
Mutiara Hati

Visi :
"Menapaki Revolusi Era Baru Bangsa Indonesia Tahun 2045"
Sang Mutiara Hati. Diberdayakan oleh Blogger.
Anda Butuh Training Manajemen, Training SDM, Survey Kepuasan Pelayanan dan Research di Perusahaan Anda?

Sepak bola masa depan masyarakat Papua (Part 1)

Sepak bola masa depan masyarakat Papua
Oleh : Eko Eddya Supriyanto*


Boaz Solossa, Oktovianus Maniani, Ferdinand Pahabol, Patrick Wanggai, Emmanuel Wanggai, Titus Bonai sampai pada Ortisan Solossa adalah beberapa pemain sepak bola nasional yang berasal dari papua. Dari skill yang ditunjukan memiliki permainan yang khas yang ditunjang oleh stamina prima serta sprint yang kuat tak heran karena kontur geografis Papua yang memang banyak pegungan sehingga secara tidak langsung menempa fisik para pemain Papua.
Masuknya Persipura dalam peringkat club Fifa diurutan 235 mengungguli beberapa club liga top eropa seperti Sampdoria, Westham United, Dundee United dan lainya yang merupakan bukti bahwa masyarakat Papua bisa berprestasi dalam dunia sepak bola, ini merupakan aset bagi pembangunan masyarakat Papua pada khususnya serta bagi Indonesia pada umumnya.
Di Papua sendiri sebenarnya banyak club sepak bola seperti Persiwa (Wamena,) Persiram (Raja Ampat), Perserui, Persidafon dan lain sebagainya.
Pembinaan Pemain Usia Muda
Di Spanyol, Belanda, Jerman, Italia, Inggris pembinaan usia muda merupakan sebuah project yang sangat menjanjikan bayangkan saja beberapa pemain usia muda di Eropa sudah dihargai dengan sangat mahal oleh club-club ambisius dengan harga yang sangat sensasional, terakhir adalah Martin Odeegart yang di beli Real Madrid dari Norwegia dengan harga yang fantastis.
Melihat antusiasme proyek sepak bola eropa, tidak ada salahnya negeri ini mulai serius menjajaki program pembinaan usia muda mengingat negeri ini sangatlah kaya dengan sumber daya manusia tinggal bagaimana niat dan keseriusan yang perlu disadarkan bahwa potensi bisnis industri sepak bola sangatlah menunjang untuk perkembangan sosial ekonomi bangsa ini terutama Papua. 

Penulis berpendapat bahwa papua sangat kaya akan pemain muda potensial, buktinya hampir setiap tahun wilayah Indonesia paling timur ini melahirkan pemain-pemain muda yang sudah barang tentu tidak diragukan lagi kualitasnya.
Sehingga penulis sangatlah berharap pihak pemangku kebijakan sadar akan potensi itu untuk menggaet sponsor yang mau mendanai program usia muda sepak bola Papua dan Indonesia agar kelak sepak bola papua bisa berbicara banyak sampai ke level asia dan dunia tentu harapannya.
0 Komentar untuk " Sepak bola masa depan masyarakat Papua (Part 1) "
Back To Top